Banjir di Aceh Utara Semakin Meluas

Aceh Utara - Banjir kian meluas di Kecamatan Samudera, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, pada Selasa (5/9/2023). Peristiwa ini disebabkan oleh jebolnya tanggul sungai di Desa Tanjong Awe, Kecamatan Samudera, Aceh Utara.

Ilyas, Camat Samudera, Aceh Utara, mengungkapkan banjir saat ini telah merendam 10 desa di wilayahnya, yaitu Desa Kitoe, Madan, Tanjong Hagu, Krueng Baro Langgahan, Teuping Blangan, Tanjong Baroh, Tanjong Rengkan, Tanjong Mesjid, Tanjong Paya Terbang, dan Tanjong Awe.

"Banyak rumah telah terendam, dan ketinggian air mencapai satu meter. Situasinya semakin memburuk karena dua titik tanggul di kecamatan ini jebol," ungkapnya saat dihubungi melalui telepon pada Selasa (5/9/2023).

Selain itu, tanggul sungai lainnya di Desa Tanjong Hagu dan Tanjong Rengkan juga sedang dalam tahap perbaikan, sehingga air dapat dengan bebas masuk ke pemukiman warga.

Ilyas mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada, dan jika air terus naik, segera mencari tempat yang lebih tinggi untuk mengungsi.

"Kami meminta kepada para kepala desa untuk segera melapor agar kami dapat menyediakan bantuan darurat kepada pengungsi," tambahnya.

Sebelumnya, banjir telah melanda Kecamatan Samudera, Kecamatan Matangkuli, dan Kecamatan Tanah Luas, Aceh Utara. Ketinggian air bervariasi antara 30 sentimeter hingga satu meter.

0 Komentar

close