Beriman dan Beramal Saleh Kunci untuk Mendapatkan Kebahagiaan Dunia-Akhirat

Rasul-rasul Allah diutus ke dunia dengan tujuan mulia, yaitu menyampaikan kabar gembira dan memberikan peringatan kepada seluruh umat manusia.

Mereka diutus untuk menyampaikan kabar gembira, yang merujuk pada ajaran-ajaran ilahi yang Allah SWT berikan sebagai panduan hidup bagi manusia. Tujuan utamanya adalah agar manusia dapat mencapai kebahagiaan, baik di dunia maupun di akhirat.

Selain itu, para rasul juga diutus untuk memberikan peringatan kepada manusia. Peringatan ini bertujuan untuk mencegah manusia dari perbuatan syirik (mengesekutukan Allah) dan dari perbuatan merusak di bumi. Allah SWT telah berfirman dalam Al-Quran:

وَمَا نُرْسِلُ الْمُرْسَلِيْنَ اِلَّا مُبَشِّرِيْنَ وَمُنْذِرِيْنَۚ فَمَنْ اٰمَنَ وَاَصْلَحَ فَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُوْنَ

"Para rasul yang Kami utus itu adalah untuk memberi kabar gembira dan memberi peringatan. Barangsiapa beriman dan mengadakan perbaikan, maka tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati." (QS Al Anam ayat 48)

Orang-orang yang mempercayai dan mengikuti ajaran yang dibawa oleh para rasul akan merasakan perlindungan dan kedamaian dari Allah SWT. 

Mereka yang berpegang teguh pada iman dan melakukan amal saleh tidak perlu merasa khawatir akan azab di dunia, seperti yang menimpa orang-orang yang sebelumnya menolak Allah SWT dan pesan-pesan rasul-Nya.

Mereka yang mengikuti ajaran para rasul juga akan memiliki ketabahan dan kesabaran dalam menghadapi cobaan dan musibah dalam hidup mereka. 

Mereka tidak akan merasa putus asa atau sedih ketika dihadapkan pada ujian seperti kehilangan orang yang mereka cintai, kerugian harta, atau penyakit yang menimpa mereka. Mereka memahami bahwa segala sesuatu telah ditentukan oleh Allah SWT.

Allah SWT berfirman dalam Al-Quran:

مَآ اَصَابَ مِنْ مُّصِيْبَةٍ فِى الْاَرْضِ وَلَا فِيْٓ اَنْفُسِكُمْ اِلَّا فِيْ كِتٰبٍ مِّنْ قَبْلِ اَنْ نَّبْرَاَهَا ۗاِنَّ ذٰلِكَ عَلَى اللّٰهِ يَسِيْرٌۖ    ٢٢  لِّكَيْلَا تَأْسَوْا عَلٰى مَا فَاتَكُمْ وَلَا تَفْرَحُوْا بِمَآ اٰتٰىكُمْ ۗوَاللّٰهُ لَا يُحِبُّ كُلَّ مُخْتَالٍ فَخُوْرٍۙ  ٢٣   

"Setiap bencana yang menimpa di bumi dan yang menimpa dirimu sendiri, semuanya telah tertulis dalam Kitab (Lauh Mahfuz) sebelum Kami mewujudkannya. Sungguh, yang demikian itu mudah bagi Allah. Agar kamu tidak bersedih hati terhadap apa yang luput dari kamu, dan jangan pula terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong dan membanggakan diri." (QS Al Hadid: 22-23).

pesan utama yang disampaikan oleh para rasul adalah tentang kebahagiaan, keselamatan, dan kesadaran akan ketentuan Allah SWT, yang menjadikan mereka sebagai teladan dan panduan bagi umat manusia.

0 Komentar

close