Indra Sjafri Kecewa Persis Solo Tak Lepas Ramadhan Sananta untuk Asian Games 2023

Pelatih Timnas Indonesia U-24, Indra Sjafri, merasa kecewa atas keputusan yang diambil oleh Persis Solo yang tidak mengizinkan Ramadhan Sananta bergabung dengan Timnas dalam Asian Games 2023.

"Sebelumnya, kami telah berdiskusi dan mencapai kesepakatan dengan beberapa klub, termasuk Persis Solo, untuk meminjamkan pemain-pemain mereka guna memperkuat Timnas Asian Games. Dalam kesepakatan ini, kami hanya meminta satu pemain dari Persis Solo, yaitu Ramadhan Sananta," ujar Indra Sjafri seperti dilansir dari situs resmi PSSI, pada Senin (18/9).

Namun, Persis Solo mengeluarkan pernyataan resmi pada hari Minggu (17/9), yang menyatakan bahwa mereka tidak dapat melepaskan Ramadhan Sananta karena krisis penyerang untuk berkompetisi di Liga 1.

Persis Solo telah kehilangan beberapa pemain kunci, seperti Irfan Jauhari yang mengalami cedera panjang setelah tampil di Piala AFF U-23, Arkhan Kaka yang sedang menjalani pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia U-17 di Jerman untuk Piala Dunia U-17 2023, dan Fernando Rodriguez yang harus kembali ke Spanyol karena urusan pribadi.

Indra menjelaskan bahwa sebelumnya, Persis Solo awalnya bersedia melepas Ramadhan Sananta setelah pertandingan melawan PSIS Semarang pada pekan ke-12 Liga 1 2023/2024, yang berlangsung pada Sabtu (16/8). Namun, kemudian Persis Solo mengubah keputusannya.

Sehingga, Ramadhan Sananta akhirnya tidak dapat bergabung dengan Timnas untuk berlaga di Asian Games 2023. 

Pemain berusia 20 tahun ini tidak dapat bergabung dengan rekan-rekan setimnya seperti Alfeandra Dewangga, Ananda Rehan, Rachmat Irianto, dan George Brown.

"Awalnya, Persis Solo telah memberi izin dan komitmen manajerial untuk melepaskan Sananta, dengan syarat agar pemain tersebut dapat terlebih dahulu bermain dalam pertandingan melawan PSIS Semarang pada tanggal 16 September 2023. Kami telah menyetujui dan merencanakan agar pemain tersebut bergabung dengan kami di Huangzhou pada tanggal 18 September 2023 dini hari," ujar Indra.

"Namun, sayangnya, akhirnya Sananta tidak diperbolehkan untuk berangkat. Hal ini terjadi meskipun ID Card sudah diterbitkan oleh panitia Asian Games dan tiket keberangkatan ke Huangzhou sudah disiapkan untuk semua pemain yang seharusnya bergabung dengan penerbangan pada tanggal 18 September dini hari pukul 00:15 WIB," tambahnya.

Meski menghadapi situasi yang sulit, Indra tidak ingin terjebak dalam perdebatan dengan Persis yang tidak melepaskan Sananta. 

Sebaliknya, dia memilih untuk tetap berpikir positif dan fokus pada pertandingan perdana Timnas Indonesia U-24 dalam Asian Games 2023, yang akan berlangsung melawan Kirgistan di Stadion Zhejiang Normal University East pada Selasa (19/9) malam.

0 Komentar

close