Banjir Rendam Lima Kecamatan di Aceh Barat

Banjir melanda lima kecamatan di Aceh Barat, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah setempat telah menyiapkan satu unit perahu karet untuk membantu dalam proses evakuasi korban.

Jamal Mirda, yang saat ini menjadi Pelaksana Tugas Kepala BPBD Aceh Barat, mengungkapkan bahwa banjir melanda lima kecamatan, yaitu Panton Reu, Pante Ceureumen, Kaway XVI, Meureubo, dan Johan Pahlawan.

Saat ini, Jamal sedang melakukan pendataan untuk mengidentifikasi jumlah desa yang terkena dampak banjir dan warga yang terdampak oleh bencana ini.

"Kecamatan Pante Ceureumen, misalnya, kami telah mendata bahwa enam gampong terkena dampak banjir," kata Jamal Mirda pada hari Selasa, 17 Oktober 2023.

Menurut Jamal, keenam gampong tersebut adalah Seumantok dengan 106 rumah terendam, Jambak dengan enam rumah terdampak, Keutambang dengan sepuluh rumah, dan Canggai dengan delapan rumah terkena dampak. Namun, jumlah rumah yang terdampak di Gampong Pulo Teungoh, Lango, dan Bedikari masih belum terdata.

BPBD juga berkoordinasi dengan Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera-I, Badan Penanggulangan Bencana Aceh, serta Dinas Sosial Provinsi Aceh untuk penanganan bencana alam ini.

"Mereka memiliki tanggung jawab dalam mengatur debit air sungai dan memberikan bantuan yang diperlukan," tambahnya.

0 Komentar

close