Anies: Selama Sebut Indonesia Pakai Istilah Konoha-Wakanda Berarti Masalah

Capres nomor urut 1, Anies Baswedan, menyebut kebebasan berpendapat harus dijaga. Anies menjelaskan salah satu alasan dirinya mau menghadiri acara diskusi karena ingin berdialog langsung dengan masyarakat.

"Saya melihat kebebasan berpendapat, kebebasan berdialog itu harus dijaga, harus dijaga. Kenapa saya mau dateng acara gini? Karena saya ingin berdialog, karena saya ingin berdiskusi dan jangan sampai ada rasa takut untuk mengungkapkan pendapat di negeri ini. Ini negeri merdeka yang tidak boleh ada rasa takut," kata Anies dalam acara diskusi bertajuk 'Desak Anies episode 3' di Kafe 150, Bandung, Jawa Barat, Rabu (29/11/2023).

Anies mengatakan masih banyak aturan yang membuat masyarakat takut menyampaikan pendapatnya. Menurutnya, selama ada masyarakat sebut Indonesia menggunakan istilah konoha dan wakanda, berati masih ada masalah dengan kebebasan berpendapat di Tanah Air.

"Saya malah berpandangan ada banyak aturan-aturan hari ini yang membuat orang takut untuk mengatakan apa yang sesungguhnya. Selama menyebut Indonesia masih gunakan istilah konoha, masih gunakan wakanda, maka kita masih masalah itu dan menurut saya itu harus hilang, dan kita harus kembalikan aturan-aturan yang membuat orang punya rasa takut harus hilang," ujarnya.

Dia mengatakan jika masyarakat tak berani menyampaikan pendapat dengan jujur, maka Indonesia masih bermasalah. Menurutnya, ketakutan menyampaikan pendapat harus dihilangkan.

"Sederhana aja temen-temen, dengan adanya rasa merdeka maka kita akan punya kecerdasan dalam berdialog," ucap Anies.

"Menurut saya masalah kalau kita tidak berani bicara apa adanya," imbunya. source

0 Komentar

close