BKSDA Tangkap Buaya yang Diduga Terkam Warga Aceh Jaya

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Jaya baru saja berhasil menangkap seekor buaya menggunakan perangkap.

Buaya tersebut diduga menyerang seorang nelayan bernama Umar Hajad (80) di sungai Sayeung, Desa Gampong Baro, Kecamatan Setia Bakti, Aceh Jaya. Umar Hajad baru saja memasang perangkap udang beberapa hari sebelumnya.

Supriadi, perwakilan BKSDA Aceh Jaya, mengungkapkan bahwa buaya yang berhasil ditangkap memiliki panjang sekitar 3 meter dan berat sekitar 200 kg.

“Nanti kita akan membawanya ke BKSDA Provinsi Aceh,” ujarnya. Ia menambahkan pemasangan perangkap buaya dilakukan selama lima hari sesuai permintaan masyarakat.

"Pasang perangkap selama lima hari dan pada Sabtu, 2 Desember 2023, pagi hari sekitar pukul 8.30 WIB, kita memeriksa perangkap dan berhasil menemukan buaya di dalamnya,” paparnya.

Supriadi juga belum bisa memastikan apakah buaya tersebut adalah yang menyerang Umar Hajad setelah pemasangan perangkap udang. 

Namun, ia menyebutkan bahwa secara alami sungai Sayeung merupakan habitat buaya, dan masyarakat juga aktif mencari rezeki di sana.

“Kami sudah memberikan himbauan kepada Camat, kepala desa, dan masyarakat untuk berbagi ruang dengan alam, karena buaya ini juga adalah bagian dari ciptaan Tuhan. Aktivitas masyarakat di sungai ini mungkin sudah melebihi kapasitas yang ada,” tambahnya.

0 Komentar

close