Polres Pidie Gagalkan 14 Imigran Rohingya yang Kabur dari Kamp Mina Raya

Polres Pidie berhasil mencegah 14 orang etnis Rohingya yang sebelumnya tinggal di Kamp Mina Raya, Gampong Leun Tanjong, Kecamatan Padang Tiji, untuk melarikan diri.

Kejadian tersebut terjadi saat razia oleh polisi di jalan nasional di Kecamatan Grong-Grong, Pidie, pada Rabu (29/11/2023) malam.

Mereka yang disebut sebagai "manusia perahu" berhasil ditangkap setelah melarikan diri menggunakan mobil penumpang Hiace. 

Kapolres Pidie, AKBP Imam Asfali, SIK, menjelaskan bahwa ke-14 orang etnis Rohingya tersebut berusaha melarikan diri di Kecamatan Grong-Grong.

Menurut Kapolres, diperkirakan kelompok etnis Rohingya yang menggunakan mobil penumpang Hiace itu berencana menuju Malaysia. 

Mereka menunggu kendaraan tersebut di Jalan Nasional Banda Aceh-Medan setelah berhasil melarikan diri dari Kamp Mina Raya Padang Tiji.

Alasan utama mereka ingin pergi ke Malaysia adalah untuk bersatu kembali dengan keluarga mereka yang sudah berada di negara tetangga tersebut.

Kapolres Pidie menjelaskan kelompok etnis Rohingya yang mencoba kabur tersebut terdiri dari pria, perempuan, dan balita. Setelah dilakukan pemeriksaan, mereka akhirnya dikembalikan ke Kamp Mina Raya Padang Tiji.

0 Komentar

close