Cara Merawat Komputer Dengan Baik dan Benar

Kebutuhan komputer di zaman dewasa ini semakin meningkat tajam. Hal ini disebabkan oleh kondisi di segala aspek kehidupan dari tahun ke tahun menuntut manusia agar bisa mengoperasikan komputer. 

Katakan saja di bidang pendidikan, saat ini pengguna komputer hanya didominasi oleh kalangan remaja dan dewasa. Akan tetapi anak usia dini setingkat SD saja sudah dibekali pembelajaran komputer. 

Selain karena itu, harga komputer saat ini relatif lebih terjangkau sehingga masyarakat dari kalangan apapun dapat dengan mudah memiliki komputer. Inilah fenomena teknologi terkait dengan perkembangan komputer. 

Bagi anda yang telah memiliki komputer atau laptop sebaiknya harus memperhatikan juga masalah perawatannya. Sudah barang tentu alat elektronik seperti komputer akan mengalami kerusakan. Baik kerusakan kecil maupun besar, baik dalam jangka waktu lama maupun pendek, yang namanya rusak tetap harus diperbaiki. 

Perawatan komputer sebaiknya dilakukan secara rutin, perawatan yang dimaksud bisa jadi memperhatikan kebersihan dan pemakaian komputer. 

Pada artikel kali ini penulis akan berbagi tips tentang 5 cara merawat komputer dengan baik dan benar. Berikut ini penjelasannya:

1. Kebersihan Komputer

Bersihkan komputer secara rutin sesuaikan dengan keperluan. Bersihkan area luar dan dalam CPU menggunakan lap dan kuas. Sapu dengan kuas debu-debu yang menempel pada motherboard, hati-hati dalam membersihkannya, jangan sampai merusak komponen-komponen motherboard. Bersihkan juga monitor menggunakan lap yang bersih dan halus. 

2. Pasang Antivirus

Untuk masalah perawatan system komputer agar tetap bekerja dengan optimal, pasanglah antivirus yang bagus dan yang terupdate. Lakukan scan menggunakan antivirus pada data di local disk C dan local disk lainnya secara berkala. Untuk antivirus penulis tidak merekomendasikan antivirus apa yang harus digunakan. Namun, hanya menyarankan memasang antivirus yang autofix dan auto delete, maksudnya bisa memperbaiki otomatis file yang terinfeksi virus dan menghapus virusnya bukan filenya. 

3. Batasi Install Aplikasi

Kapasitas local disk C untuk penempatan system biasanya 35 GB sampai 50 GB. Dengan kapasitas yang tersedia itu seharusnya kondisi komputer dapat bekerja dengan baik. Ada beberapa hal yang dapat membuat komputer anda menjadi lambat, salah satunya adalah penginstalan aplikasi yang terlalu banyak sehingga beban yang diderita prosessor semakin berat. Untuk mencegah hal itu terjadi maka lakukan batasan aplikasi mana saja yang harus diinstall ke dalam komputer anda. Hindari menginstall game-game yang berkapasitas besar karena dapat membuat komputer anda menjadi lambat. Oleh karena itu,  penulis menyarankan agar penggunaan local disk C tidak lebih dari 40 GB. Jika kapasitas local disk C 50 GB, maka ada sisa space 10 GB yang dapat digunakan untuk menarik napas saat komputer dioperasikan.

4. Batasi Waktu Pemakaian

Selain membatasi aplikasi pada komputer, batasi juga waktu pemakaian komputer. Tensi akan semakin naik dan memanas apabila pemakaian komputer terus-menerus tanpa henti. Dan hal ini menyebabkan kerusakan pada komponen hardware komputer itu sendiri. Untuk itu atur waktu pemakaian komputer, istirahatkanlah jika kondisi komputer sudah lemah. 

5. Pasang Stabilizer dan UPS

Dibeberapa daerah tertentu terkadang kondisi suplai arus listrik tidak stabil dan sering padam. Arus listrik yang tidak stabil dapat menyebabkan mati mendadak pada komputer. Untuk mengatasi hal ini, gunakan stabilizer untuk menstabilkan suplai arus listrik, gunakan juga UPS untuk menjaga kondisi komputer agar tetap hidup untuk beberapa saat jika sewaktu-waktu terjadi pemadaman listrik.

Itulah 5 cara sederhana merawat komputer dengan baik dan benar. Lebih baik mencegah daripada memperbaiki yang jauh lebih mahal biayanya. Sekian artikel yang dapat saya bagikan pada kesempatan ini. Selamat mencoba!.

0 Komentar

close