2.854 Hektare Sawah Terendam di Aceh Barat, Kerugian Ditaksir Rp7,1 Miliar

Pemerintah Kabupaten Aceh Barat mencatat sekitar 2.854 hektare lahan sawah petani tersebar di 12 kecamatan terendam banjir, dari total luas tanam pada musim ini yang mencapai 4.048 hektare.

"Luas sawah yang terkena banjir saat ini sangat besar, menjadikannya banjir terparah dalam tahun ini," ungkap Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Kabupaten Aceh Barat, Safrizal, di Aceh Barat pada Jumat, 24 November 2023.

Beberapa kecamatan yang terdampak banjir di Kabupaten Aceh Barat antara lain Kecamatan Johan Pahlawan dengan luas 86 hektare, Kecamatan Meureubo 80 hektare, dan Kecamatan Bubon 70 hektare.

Sementara itu, Kecamatan Panton Reue mengalami banjir dengan luas 350 hektare, Kecamatan Arongan Lambalek 80 hektare, Kecamatan Woyla Barat 642 hektare, Kecamatan Woyla 422 hektare, dan Kecamatan Woyla Timur 411 hektare.

Banjir juga melanda Kecamatan Pante Ceureumen (244 hektare), Kecamatan Kaway XVI (444 hektare), Kecamatan Samatiga (20 hektare), serta Kecamatan Sungai Mas (5 hektare).

Safrizal menyampaikan kerugian akibat banjir diperkirakan mencapai lebih dari Rp7,1 miliar. Meskipun sawah terendam banjir, Safrizal belum dapat memastikan apakah panen padi akan gagal atau tidak.

"Kami berharap agar tidak ada kegagalan panen padi di Aceh Barat akibat banjir ini," tambah Safrizal.

0 Komentar

close