Cerita Mahfud MD Santap Timpan dan Kopi Sanger Saat Kampanye di Sabang

Calon wakil presiden nomor urut tiga, Mahfud MD, memulai kampanye pertamanya dari ujung paling barat Indonesia. Ia mengaku sangat senang dengan pengalaman ini, terutama karena lokasi kampanyenya di Desa Jaboi, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang, Aceh, yang sangat asri dan membuatnya merasa tenang.

Mahfud menceritakan, setibanya di Bandara Maimun Saleh, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang, Aceh, ia sempat menikmati makanan khas Aceh, yaitu Timphan dan kopi Sanger. 

"Tadi di bandara makan Timphan dan kopi Sanger," cerita Mahfud di Desa Jaboi pada Selasa (28/11/2023).

Meskipun Mahfud sudah sering ke Aceh, namun berkunjung ke Desa Jaboi merupakan pengalaman perdananya. 

"Saya ke Aceh sering, tetapi ke desa Jaboi ini baru pertama kali," ucapnya.

Menurut Mahfud, Desa Jaboi sangat nyaman, terutama keindahan alamnya. Oleh karena itu, ia menginginkan agar kelestarian alam di Desa Jaboi dapat terus dijaga. 

"Sangat menyenangkan di tempat yang sepi ini, alamnya sangat indah, dari bandara sampai ke sini alamnya sangat indah, kelestarian alam di sini harus terus dijaga," tambahnya.

Sebagai informasi, Mahfud MD memulai kampanye pertamanya di ujung paling barat Indonesia, yaitu Sabang, khususnya di Desa Jaboi, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang, Aceh. 

Saat tiba di lokasi, Mahfud langsung berinteraksi dengan Teuku Ulama Desa, berjabat tangan, dan diberi pelukan hangat oleh ulama desa.

Setelah itu, dilaksanakan Upacara Peusijuek, sebuah upacara tradisional simbolik untuk memohon keselamatan, ketentraman, kebahagiaan, perestuan, dan saling memaafkan. 

Usai Upacara Peusijuek, penampilan Tarian Ranup Lampuan yang merupakan tarian tradisional Aceh turut menghiasi acara tersebut. 

Tarian ini biasanya dibawakan oleh penari wanita dengan menyuguhkan sirih sebagai tanda terima masyarakat.

0 Komentar

close