Banjir Landa Aceh Singkil, Enam Kecamatan Terendam, Ribuan Jiwa Terdampak

Beberapa wilayah di Aceh Singkil saat ini mengalami banjir karena hujan terus-menerus. Enam kecamatan yang terkena dampak banjir antara lain Kuta Baharu, Suro, Simpang Kanan, Gunung Meriah, Singkil Utara, dan Singkil.

Menurut Rosiana Kusuma Wardani dari Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Alam Aceh Singil, ada sekitar 31 desa yang terdampak banjir, dengan desa terbanyak berada di Kecamatan Singkil, yaitu sebanyak 16 desa.

Selain itu, banjir juga menyebabkan 30 unit sekolah, mulai dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas, terendam air. Tak hanya itu, lima masjid dan tujuh pesantren ikut terkena dampak banjir, bahkan Gedung Pekantoran Aceh Singkil turut terendam.

Rosiana menjelaskan banjir juga menyebabkan kerusakan pada infrastruktur, seperti putusnya jembatan yang menghubungkan Kecamatan Singkohor dengan Gunung Meriah. Beberapa akses jalan di pedesaan juga tidak dapat dilalui.

Meskipun belum ada perhitungan resmi mengenai kerugian, namun sudah ribuan jiwa yang terdampak. Situasinya memerlukan perhatian dan bantuan lebih lanjut untuk membantu masyarakat yang terkena dampak banjir.

0 Komentar

close