Kunjungan ke Aceh, Siti Atikoh Cicipi Ayam Pramugari, seperti Apa Rasanya?

Kuliner Aceh sangat menggoda untuk dicicipi. Selain mi yang sangat populer, Aceh juga memiliki hidangan olahan ayam bernama ayam pramugari. 

IG: atikoh.s

Hidangan ini tidak luput dari perhatian istri calon presiden 2024 Ganjar Pranowo. Ketika menyambangi Banda Aceh, Siti Atikoh menjajal ayam pramugari sebagai santap siang. 

Walaupun namanya pramugari, menu makanan ini tidak dihidangkan oleh seorang pramugari. Ayam ini disebut pramugari karena memiliki postur kaki yang jenjang bak pramugari di pesawat-pesawat.  

“Ayam (diberi nama pramugari) karena kakinya panjang, seperti itu,” kata Atikoh saat ditemui di salah satu kedai makanan di Banda Aceh, Sabtu (2/11/2023). 

Ketika mulai mencicipi ayam pramugari, Siti Atikoh tampak terkejut karena tekstur dagingnya sangatlah empuk. "Ayam pramugarinya itu empuk sekali. Bumbunya juga sangat terasa terus sudah tidak ada kulitnya. Jadi enak, gurih,” tutur Atikoh mendeskripsikan cita rasa ayam pramugari. 

Apa itu ayam pramugari? 

Ayam pramugari merupakan sajian ayam goreng. Namun, ayam yang digunakan yakni jenis ayam kampung yang memiliki kaki panjang bak seorang pramugari. 

Pembuatan ayam ini sama seperti dengan ayam goreng pada umumnya. Pertama-tama, ayam kampung dibersihkan terlebih dahulu. Kemudian daging ayam diungkep dengan rempah-rempah. 

Ayam yang telah diungkep langsung digoreng dalam minyak panas. Ketika ayam sudah berubah warna menjadi kecoklatan, kemudian dimasukkan irisan daun pandan, temurui, dan jeruk. Campuran berbagai daun tersebut membuat cita rasa ayam unik dan lezat. 

Daun temurui yang dicampur dalam ayam pramugari ini merupakan salah satu daun rempah khas Aceh. Daun ini memberikan cita rasa kari pada ayam pramugari. Sebagai pelengkap, biasanya ayam pramugari ini disajikan bersamaan dengan kecap yang sudah diracik bersama irisan bawang merah, jeruk nipis dan cabai rawit. source

0 Komentar

close