Viral Diduga Oknum Caleg di Aceh Masukkan 10 Surat Suara ke Kotak sambil Ancam Warga

Video warga memasukkan 10 surat suara dalam kotak DPR RI viral di media sosial. Diketahui jika peristiwa itu terjadi di Desa Mesjid Lancok, Kecamatan Bandar Baru Lueng Putu, Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, Rabu (14/2/2024).

Sebuah rekaman video berdurasi sekitar 11 detik menjadi pusat perhatian warganet. Video tersebut diduga menunjukkan seorang pria, yang diduga sebagai oknum calon legislatif (caleg) di daerah pemilihan setempat, memasukkan lebih dari sepuluh surat suara ke dalam kotak suara. Pria tersebut tampak menenteng kantong plastik yang sudah dicoblos, sambil mengeluarkan ancaman kepada sejumlah orang di lokasi.

Video ini mendapat respons besar dari masyarakat khususnya Kabupaten Pidie Jaya, Aceh. Video yang sudah ditonton, disukai, dan dibagikan oleh ribuan viewers di media sosial membuat warga setempat heboh dengan aksi tersebut.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pidie Jaya, Fajri M Kasem, membenarkan kejadian tersebut. Dua pun mengatakan telah menerima laporan dari pengawas TPS, Panitia Kecamatan (PKD), dan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam). Video yang sudah menjadi viral di media sosial menjadi temuan pelanggaran dan akan ditindaklanjuti sesuai aturan yang berlaku.

"Kita akan tindak lajuti sesuai aturan. (Laporan lain) belum ada. Kondisi saat ini masih kondusif," kata Fajri.

Sementara itu, Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Pidie Jaya, Iskandar, menanggapi insiden tersebut dengan mengatakan bahwa jika terbukti bersalah, oknum tersebut dapat dihukum penjara, dan PSU bisa direkomendasikan di TPS tersebut.

KIP Pidie Jaya akan melakukan penelusuran kebenaran atas insiden tersebut dengan turun langsung ke lapangan. 

"Kami minta semuanya bersabar. Sekarang kami sedang melakukan penulurusan," katanya. source

0 Komentar

close