Pembalap Turki Toprak Razgatlioglu Juara Dunia WSBK 2021 di Mandalika

Toprak Razgatlioglu berhasil menguncir gelar juara dunia Superbike World Championship (WSBK) 2021 pada seri terakhir yang digelar di Indonesia. Pebalap asal Turki itu pun mengukir sejarah di Sirkuit Mandalika. Baca Juga: Video Mesum Muda-mudi Asal Garut Viral di Instagram

Race 1 seri pamungkas WSBK 2021 digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, pada Minggu (21/11/2021) siang WIB.

Baca Juga: Hamil 7 Bulan, Wanita Muda Berdaster Terjaring Razia Saat Tunggu Pelanggan untuk Bersetubuh di Hotel

Race 1 seri ke-13 WSBK 2021 sebenarnya menjadi milik sang juara dunia enam kali, Jonathan Rea.

Pembalap andalan tim Kawasaki itu sukses memenangi balapan pertama WSBK Mandalika 2021. Sementara itu, Toprak Razgatlioglu (Pata Yamaha with Brixx) finis di urutan kedua.

Adapun, posisi ketiga Race 1 seri WSBK Indonesia di Sirkuit Mandalika ditempati oleh Scott Redding (Aruba.it Racing–Ducati).

Meski finis di urutan kedua pada Race 1, hasil WSBK Mandalika ini sudah cukup bagi Toprak Razgatlioglu untuk mengunci gelar juara dunia musim ini.

Razgatlioglu menyegel titel juara dunia WSBK 2021 dengan koleksi 551 poin. Ia unggul 25 poin atas Jonathan Rea yang berada di peringkat kedua klasemen WSBK 2021.

Baca Juga: Viral 3 Wanita Injak Al-Qur'an untuk Bersumpah, Harapkan Azab bagi yang Bersalah

WSBK 2021 sebenarnya masih menyisakan 25 poin yang diperebutkan pada Race 2 nanti. Akan tetapi, Toprak Razgatlioglu unggul dalam hal kemenangan Race 1 dan 2 atas Jonathan Rea sepanjang musim ini.

Razgatlioglu pun mengukir sejarah di Mandalika. Ia menjadi pebalap asal Turki pertama yang mampu meraih gelar juara dunia WSBK.

Tak hanya itu, pebalap berusia 25 tahun itu juga mengakhiri dominasi Jonathan Rea di Kejuaraan Dunia Superbike yang telah berlangsung selama enam musim terakhir.

Profil Toprak Razgatlioglu

Toprak Razgatlioglu lahir di Alanya, Turki, pada 16 Oktober 1996. Ia adalah putra dari pebalap motor ternama Turki, Arif Razgatlioglu.

Baca Juga: Warga Aceh Tenggara Temukan Mayat yang Sudah Membusuk di Pinggir Sungai

Toprak mendapatkan motor pertamanya pada usia lima tahun. Ia kemudian suskes menjuarai ajang motocross di Turki sebanyak empat kali.

Melansir laman resmi WSBK, Toprak Razgatlioglu mulai berkompetisi di ajang balap motor 600cc pada usia 13 tahun.

Pada 2011, Razgatlioglu mengikuti kejuaraan Yamaha R6 Dunlop Cup. Dua tahun kemudian, ia sukses menembus ajang Red Bull Rookies Cup.

Karier Razgatlioglu di dunia balapa motor terus menanjak. Selepas dari Red Bull Rookies Cup, ia naik ke European Superstock 600 Championship (2015), lalu FIM Superstock 1000 Cup (2016), dan European Superstock 1000 Championship pada 2017.

Baca Juga: Gagal Didamaikan, Pejabat Cantik Aceh Tengah Tetap Gugat dan Usir Ibu Kandung

Toprak Razgatlioglu lantas melakoni debut di Kejuaraan Dunia Superbike pada 2018. Kala itu, ia membela tim Kawasaki Puccetti Racing dan menunggangi motor Kawasaki Ninja ZX-10R.

Pada musim debutnya, Razgatlioglu menempati peringkat kesembilan klasemen akhir. Pencapaian pebalap bernomor 54 itu meningkat pada musim berikutnya, di mana ia menduduki peringkat kelima.

Toprak Razgatlioglu akhirnya bisa meraih gelar juara dunia pada musim ketiganya berlaga di ajang WSBK.

Biodata Toprak Razgatlioglu

Nama lengkap: Toprak Razgatlioglu

Tempat, tanggal lahir: Alanya, 16 Oktober 1996

Kewarganegaraan: Turki

Tim saat ini: Pata Yamaha with Brixx WorldSBK

Nomor motor: 54

Mulai karier WSBK: 2018

Hasil:

Race: 119

Pole: 4

Podium: 53

Menang: 18

P2: 16

P3: 19

Best Race Lap: 13

Juara dunia: 1 (2021) source

0 Komentar

close