Breaking News

Jokowi: Mari Jadikan Idul Fitri Ajang Pererat Persatuan dan Persaudaraan


Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri bagi seluruh rakyat Indonesia yang merayakan.

Dengan berlatar suasana mudik menjelang hari raya, Jokowi berharap Idul Fitri 1440 H dapat menjadi ajang untuk mempererat kembali semangat persatuan dan persaudaraan bangsa.

"Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1440 H, mohon maaf lahir dan batin. Mari kita jadikan Idul Fitri ini sebagai ajang untuk mempererat kembali persatuan dan persaudaraan kita sebagai sebuah bangsa," ujar Jokowi dikutip dari video dari Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Senin (3/6/2019).

Momentum perayaan Idul Fitri kali ini juga diharapkan menjadi sebuah awal untuk berdiri bersama sebagai sebuah bangsa dan membangun bangsa ini ke depannya agar menjadi lebih baik.

"Dengan hati yang fitri mari kita membangun bangsa Indonesia yang lebih baik, lebih maju, dan lebih makmur," kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Selain itu, Jokowi juga menyampaikan pesan bagi para pemudik yang hendak merayakan Idul Fitri di kampung halaman masing-masing. Ia turut mendoakan keselamatan dan kenyamanan bagi para pemudik selama di perjalanan.

"Saya mengucapkan selamat jalan bagi seluruh pemudik. Semoga selamat sampai tujuan dan selamat menikmati waktu bersilaturahmi dengan seluruh keluarga dan handai tolan," tutur Jokowi.

Sidang Isbat Sore Ini

Sementara itu, Kementerian Agama (Kemenag) melalui Ditjen Bimas Islam akan menggelar sidang isbat (penetapan) awal bulan Syawal atau lebaran 2019. Rencananya, sidang isbat Idul Fitri 1440H digelar pada hari ini, Senin (3/6/2019).

Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin dijadwalkan memimpin langsung sidang isbat tersebut. Melalui mekanisme sidang isbat ini, Kemenag akan menetapkan waktu umat Muslim Indonesia bisa merayakan hari raya Idul Fitri, 1 Syawal 1440H.(Liputan6)

No comments