Banjir dan Longsor Landa Vietnam, 102 Orang Tewas Termasuk 22 Tentara

Sedikitnya 102 orang meninggal dan hilang, termasuk 22 orang tentara, sementara puluhan ribu warga terpaksa harus mengungsi akibat banjir dan tanah longsor yang melanda sejumlah wilayah di Vietnam.

Badai dilaporkan telah melanda wilayah tengah Vietnam selama dua pekan terakhir, menyebabkan hujan turun sangat deras dan menyebabkan banjir.

Setidaknya 136.000 rumah dilaporkan terendam dan 90.000 warga dievakuasi. Badai ketiga diperkirakan akan melanda wilayah pantai dalam beberapa waktu kedepan.

Dikutip dari The Guardian bahwa wilayah Provinsi Hue, sekitar 700 km dari ibu kota Hanoi, merupakan yang terparah. Polisi dan tentara telah dikerahkan dengan menggunakan perahu dan kano untuk mencapai daerah-daerah bencana di Ha Tinh. Di kota ini saja tercatat 20.700 warga yang harus dievakuasi.

Di Quang Binh dilaporkan banjir masih terus meninggi, menenggelamkan rumah-rumah yang juga tertimbun tanah longsor.

Sementara itu sebanyak 22 tentara Vietnam meninggal setelah markas mereka tertimbun tanah longsor yang dipicu banjir pada Minggu (18/10/2020) pekan lalu.

Media resmi pemerintah Vietnam mengungkapkan di wilayah lain terjadi tanah longsor yang disertai guyuran hujan dan telah menewaskan 13 orang.

Dalam laporan tersebut diungkapkan bahwa tanah longsor menghancurkan kamp tentara di kaki gunung akibat hujan yang terus turun selama satu pekan di Provinsi Quang Tri.

Seperti dilansir Associated Press, Selasa (20/10/2020), delapan orang tentara berhasil melarikan diri. Namun, 22 orang lainnya diyakini terjebak di bawah timbunan longsor.

Tiga mayat telah ditemukan saat sekitar 100 penyelamat menggali lumpur untuk mencari yang hilang.

Pada hari Senin, tim penyelamat menemukan 13 mayat, 11 di antaranya perwira militer, dari kamp yang tertimbung tanah longsor di Thua Thien-Hue.

Tim relawan juga sedang dalam perjalanan ke wilayah lain yang dilanda tanah longsor. Kejadian serupa di tempat lain itu mengubur 16 pekerja di lokasi proyek pembangkit listrik tenaga air.

Hujan deras telah menyebabkan banjir yang meluas di Vietnam tengah sejak pekan lalu dan prakiraan cuaca mengatakan akan lebih banyak hujan yang akan turun. source

0 Komentar

close