Viral Jenazah Tak Diantar Keluarga ke Makam, Disebut Seperti Sinetron

Sebuah video perangkat desa di Kabupaten Kediri yang sedang mengantarkan jenazah ke makam meramaikan jagat maya. Video yang viral di media sosial ini menuliskan narasi jika tak ada keluarga dan tetangga yang mengantar serta memakamkan jenazah tersebut. Hingga akhirnya aparat desa setempat harus turun tangan.

Dalam video, tampak sejumlah perangkat desa mengenakan seragam Aparatur Sipil Negara (ASN) berwarna coklat, mereka tengah perjalanan menggotong keranda mayat ke makam. Sementara bacaan tahlil terdengar mengiringi jenazah tersebut.

Video ini direkam oleh seorang pria. Pria tersebut merekam sambil membaca bacaan tahlil. Sementara itu, terlihat seorang wanita berpakaian seragam cokelat yang turut mengantarkan jenazah dan berada paling depan. Wanita tersebut membawa dan menaburkan bunga di jalanan.

Sedangkan para perangkat desa terlihat bergantian menggotong jenazah tersebut. Terlihat juga ada beberapa warga sekitar di sepanjang perjalanan yang mencoba membantu menggotong jenazah. Mereka tampak bunga hingga kendi untuk keperluan pemakaman.

Di dalam video, terdapat narasi yang menyebut jika jenazah terpaksa diantarkan oleh para perangkat desa. Sebab, tidak ada siapapun yang mengantar jenazah tersebut.

"bukan cerita indosiar. ini nyata. tadi siang meninggal gak Ada yang nganterin. sampe perangkat desa yang nganterin keep makam. semoga kita semua nanti meninggal dalam keadaan baik. husnul khatimah," tulis keterangan dalam video yang dilihat detikJatim, Kamis (22/9/2022).

detikJatim telah menelusuri kebenaran video tersebut. Ternyata, kejadian ini berlangsung di Desa Kedak, Kecamatan Semen, Kediri. Kapolsek Semen, Kediri AKP Siswandi membenarkan kejadian ini ada di wilayah hukumnya. Namun, ia menampik fakta yang terjadi seperti narasi yang tertulis dalam video.

"Perangkat Desa Kedak membawa jenazah bahwa memang benar adanya. Namun kasihan, (video) nggak sesuai fakta," kata Siswandi, Kamis (22/9/2022). source

0 Komentar

close