Breaking News

Pandemi Corona, Aceh Sudah Mencatat Total 7 Kasus Positif Covid–19


Dalam dua hari terakhir, Aceh mencatat pertambahan kasus positif infeksi Coronavirus Disease 2019 (Covid–19).

Satu kasus di antaranya terkonfirmasi ke publik pada Sabtu, 18 April 2020. Seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di RSU Muhammad Ali Kasim, Gayo Lues, berinisial NS (40), dinyatakan positif terinfeksi virus Corona, berdasarkan hasil pemeriksaan spesimen pada Balai Litbangkes Aceh.

Pada Minggu, 19 April 2020, satu kasus lainnya kembali terkonfirmasi positif. Kali ini berasal dari Kabupaten Pidie.

Lihat juga: Satu PDP Positif Corona Sembuh, Aceh Kini Bebas Pasien Infeksi Covid–19

“Jadi secara komulatif, menjadi tujuh kasus positif Covid–19 di Aceh,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid–19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani, Minggu malam.

Namun, Jubir Pemerintah Aceh yang akrab disapa SAG itu tidak menjelaskan lebih jauh ihwal PDP yang dinyatakan positif Covid–19 dari Kabupaten Pidie tersebut.

Ia mengaku belum punya informasi rinci tentang PDP tersebut, selain data kuantitatif sebagaimana tampak pada laman web https://dinkes.acehprov.go.id/.

“Saya belum mendapat informasinya, siapa PDP itu, umurnya, jenis kelamiannya, riwayat pemaparannya, maupun riwayat perawatannya, mungkin besok, ya,” katanya menghindar.

Dikejar lebih jauh karena sesungguhnya informasi itu sudah terpublikasi luas di berbagai media pers sejak Minggu pagi, lagi–lagi SAG menghindar.

“Keterangan resmi Pemerintah Aceh tak mungkin saya kutip dari sumber eksternal, bukan?” kata SAG balik bertanya.

Sementara itu, SAG menjelaskan ada penambahan jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 29 orang sehingga totalnya menjadi 1.579 orang, dengan rincian, masih dalam pemantauan sebanyak 215 orang, dan sudah selesai pemantauan sebanyak 1.364 orang.

Sedangkan jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP), lanjutnya, sebanyak 59 orang. PDP yang dirawat di rumah sakit rujukan sebanyak 2 orang, sudah pulang dan sehat sebanyak 56 orang dan meninggal sebanyak 1 orang.

“Jumlah yang meninggal hanya dua orang hingga saat ini, yakni 1 orang positif Covid–19, dan satu lagi hasil pemeriksaan sampelnya negatif,” tutup SAG.

No comments