Breaking News

Ustaz Abdul Somad: Larilah dari Orang Kena Penyakit Menular seperti Engkau Lari dari Singa


Wabah virus corona yang melanda dunia semakin mengkhawatirkan. Di Indonesia, jumlah pasien positif terinfeksi covid–19 (virus corona) terus bertambah.

Data dari pemerintah, Kamis (2/4/2020), ada 1.790 orang yang positif terinfeksi virus mematikan itu. Dari jumlah itu, 170 orang meninggal dunia.

Ulama kelahiran Asahan, Sumatera Utara, Ustaz Abdul Somad mengatakan, wabah penyakit menular pernah terjadi pada masa kejayaan Islam tahun 749 Hijriah di Mesir.

"Penduduk Mesir masa itu dua puluh juta orang. Lalu terjadi peristiwa wabah hitam atau wabah besar tahun 749 Hijrah," tulis Ustaz Abdul Somad di akun Instagramnya ustadzabdulsomad_official.

Postingan mantan dosen Ilmu Hadits Fakultas Ushuluddin UIN Suska Riau itu merupakan tulisan ulama Mesir, Syeikh Ali Jum’a yang diterjemahkan ke Bahasa Indonesia.

Dalam tulisannya, kata Ustaz Abdul Somad, Grand Mufti Mesir itu menerangkan, akibat wabah hitam itu penduduk Mesir banyak yang meninggal dunia.

“Penduduk Mesir hanya tinggal dua setengah juta pada masa Muhammad Ali Pasha,” tulisnya.

Ustaz Abdul Somad mengatakan, Imam Ibnu Hajar al–'Asqalani bercerita tentang peristiwa itu, "Harta warisan berpindah ke sembilan rumah dalam satu hari, saking parahnya wabah. Orang–orang berkumpul untuk membaca Shahih al–Bukhari agar wabah diangkat,” katanya.

Namun, perkumpulan orang banyak itu justru menjadi penyebaran wabah semakin meluas. Karena perbuatan seperti ini bukanlah tindakan Rasulullah Saw dalam menanggulangi wabah. Rasulullah Saw bersabda, "Larilah dari orang kena penyakit menular seperti engkau lari dari singa".

Postingan Ustaz Abdul Somad pada 31 Maret 2020 lalu itu disukai 45.000 orang dan 1.037 kali dibagikan, serta dikomentari 192 netizen.

"MasyaAllah. Semoga virus ini menghilang sebelum bulan suci Ramadhan. Aminn". Kemudian, ada yang bertanya seperti akun arkaan_fr13: "Maaf ustadz, apabila di suatu tempat tidak terjadi wabah seperti sekarang ini, apakah tempat tersebut bisa meninggalkan apa yang telah Allah SWT perintahkan," tulis akun _syamuel98.

Netizen lain mengomentari, "Masya Allah...berarti anjuran2 seperti sekarang ini, di zaman Rosul sdh ada... Islam begitu mengajarkan hingga ke ilmu yg paling dalam..smg kita dlm lindungan Alkah, Aamiin..." tulis akun u_haryati.

No comments