Breaking News

Gerhana Matahari 21 Juni, Warga Diimbau Sholat Kusuf


Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Aceh mengimbau masyarakat untuk melaksanakan Sholat Kusuf saat gerhana matahari parsial melintasi Aceh, pada Minggu 21 Juni 2020.

Berdasarkan data yang dihimpun Tim Falakiyah Kanwil Kemenag Aceh, gerhana matahari parsial diperkirakan terlihat di Aceh mulai pukul 13.18.09 WIB, kemudian puncak parsial pada pukul 14.35.21 WIB, dan akhir gerhana parsial terjadi pukul 15.42.21 WIB.

Gerhana matahari parsial akan terjadi selama 2 jam 24 menit dengan besaran piringan bulan yang akan menutupi matahari 12 persen.

Kepala Bidang Penerangan Agama Islam, Zakat dan Wakaf (Penaiszawa) Kanwil Kemenag Aceh, Azhari meminta seluruh penyuluh untuk berperan aktif dalam mensosialisaikan seruan Sholat Kusuf kepada masyarakat di daerah masing–masing.

"Kita harap masyarakat memperbanyak istighfar, takbir, sedekah dan dan salat gerhana di masjid, mushalla atau rumah masing–masing," kata Azhari dalam keterangan di laman resminya.

Ia mengatakan, gerhana merupakan salah satu fenomena alam untuk menegaskan keagungan Allah. "Jangan kaitkan fenomena alam tersebut dengan hal–hal yang berbau mistis, bencana atau virus Corona," kata Azhari.

Sementara itu, Ahli Falakiyah Kanwil Kemenag Aceh juga akan melakukan pemantauan fenomena alam tersebut secara tertutup di halaman Kanwil. Bagi masyarakat yang ingin menyaksikan jalannya pemantauan gerhana dapat menyaksikannnya melalui channel Youtube Kanwil Kemenag Aceh.

No comments