Hujan Deras Disertai Angin Kencang Rusak 34 Rumah di Aceh Tenggara

Hujan lebat disertai angin kencang merenjang empat desa di Kabupaten Aceh Tenggara, Provinsi Aceh, Minggu (27/9). Akibatnya sebanyak 34 unit rumah rusak ringan (RR) dan beberapa pohon tumbang.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati menjelaskan, laporan tersebut berasal dari Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Tenggara. Raditya menjelaskan, tidak ada korban dalam bencana tersebut.

"Sebanyak 34 unit rumah rusak ringan (RR) dan beberapa pohon tumbang setelah hujan disertai angin kencang menerjang empat desa," kata Raditya dalam keterangan pers, Minggu (27/9).

Adapun keempat desa tersebut meliputi Desa Pedesi, Desa Terutung Megakhe Asli di Kecamatan Bambel kemudian Desa Lawe Sumur dan Desa Penosan di Kecamatan Lawe Sumur.

"TRC BPBD Kabupaten Aceh Tenggara telah melakukan kaji cepat dan berkoordinasi dengan instansi terkait serta masyarakat setempat," ungkap Raditya.

Raditya menambahkan, menurut monitoring prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), sebagian besar wilayah Aceh masih berpotensi terjadi hujan lebat disertai petir dan angin kencang hingga Senin (28/9). Tidak hanya Aceh kata Raditya wilayah lain pun memiliki prakiraan cuaca yang sama.

"Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua," ungkap Raditya.

Melihat kejadian yang terjadi di Aceh. Raditya pun meminta agar seluruh pemerintahan daerah dan masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan.

"BNPB mengimbau kepada seluruh jajaran pemerintah di daerah dan masyarakat agar dapat meningkatkan kapasitas mitigasi bencana dan mengambil kebijakan yang dianggap perlu, sebagai antisipasi dan pengurangan risiko bencana," ungkap Raditya. source

0 Komentar

close