Ketika Anda Malas Minum Air Putih, Ini Akibatnya

Sesibuk apapun pekerjaan anda jangan sampai mengabaikan minum air putih secara rutin. Karena tubuh butuh keseimbangan cairan yang apabila tidak terpenuhi maka akan menimbulkan berbagai penyakit. Memang masih banyak orang yang malas minum air putih sehingga dalam mengkonsumsinya kurang dari standar yang telah dianjurkan oleh pakar kesehatan. Salah satu alasannya mungkin karena tinggal di daerah dingin sehingga tidak merasa haus. Tetapi sebaiknya suatu kondisi tertentu tidak harus menjadi sebuah alasan untuk merutinkan diri minum air putih. 

Perlu diketahui bahwa air merupakan komponen tersebut di dalam tubuh manusia. Kandungannya bervariasi sesuai usia. Seperti pada bayi mencapai 80 %, dewasa sebesar 60% dan pada usia lanjut atau diatas 65 tahun sebesar 50%. Selain itu, air juga termasuk zat gizi bagi kesehatan tubuh manusia, karena air memiliki fungsi sebagai pelarut, katalisator, pengatur suhu dan penyedia mineral dan elektrolit. 

Banyaknya air yang dikonsumsi setiap orang memang berbeda-beda, tergantung ukuran tubuh orang tersebut. Meski demikian, menurut pakar enzim Prof. Hiromi Shinya MD, ia mengatakan, usahakan untuk meminum air putih sebanyak 6-8 gelas perhari untuk orang dewasa. 

Pada artikel kali ini penulis akan berbagi informasi seputar gejala penyakit yang timbul akibat malas minum air putih. Berikut di bawah ini sebagai ulasannya :

1. Kurang terpenuhinya tubuh akan air putih akan menyebabkan tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi. Kekurangan dehidrasi berakibat cairan di otak akan menurun dan suplai oksigen ke otak pun berkurang. Akibat parahnya adalah sel-sel otak menjadi tidak aktif dan lambat perkembangannya. 

2. Gejala lain yang timbul akibat dehidrasi yaitu lelah, haus, tenggorokan kering, sakit kepala dan kematian.

3. Otak merupakan segala-galanya bagi tubuh, komposisi otak terdiri dari cairan. Apabila otak kurang mendapat asupan air putih yang cukup maka akan terjadi disfungsi kognitif (kepandaian) di otak. Dengan ketidaknormalan pada otak akan berakibat otak menjad lemot dan tidak berkonsentrasi.

4. Bila konsumsi air putih kurang cukup maka rentan terkena infeksi kandung kemih. Gejala yang timbul akibat infeksi kandung kemih diantaranya, suhu badan meningkat, rasa nyeri saat buang air kecil dan nyeri di atas tulang kemaluan.

5. Kurang minum air putih dapat berakibat penyakit ginjal. Dengan minum air putih yang cukup akan membuat komponen pembentuk batu ginjal menjadi lebih luruh bersama buang air kecil.

Itulah sebab dan akibat mengapa kita diharuskan mengkonsumsi air putih secara rutin perhari. Jadi, jangan malas minum air putih demi kesehatan tubuh anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

0 Komentar

close