Perjuangan Ibu Melahirkan Dirujuk ke RS di Banda Aceh Pakai Kapal Nelayan

Perjuangan seorang ibu di Pulo Aceh, Kabupaten Aceh Besar, Darmayanti (35) dirujuk ke rumah sakit (RS) dengan menggunakan kapal nelayan. Darmayanti dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan usai melahirkan.

Foto: Istimewa

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Puskesmas Pulau Aceh Misriadi, dilansir dari Antara, Jumat (12/3/2021).

"Wanita itu melahirkan di Puskesmas Pulo Aceh (Pulau). Anaknya lahir dengan kondisi sehat oleh Bidan Puskemas. Saat dirujuk itu ia didampingi oleh dua orang bidan," katanya.

Pasien terpaksa dirujuk ke rumah sakit karena ari-arinya tidak keluar (retensio plasenta). Hal ini mengingat tidak adanya fasilitas di Puskesmas.

"Retensio plasenta ari-arinya tidak lahir. Kalau ari-arinya tidak lahir memang harus dirujuk, karena di Puskesmas kurang fasilitas," ujarnya.

Dari Pulo Aceh tidak ada persiapan kapal khusus, karena itu harus dibawa menggunakan boat nelayan. Perjalanannya membutuhkan waktu sekitar 90 menit. 

"Selama ini ketika ada pasien dirujuk selalu dibawa dengan boat nelayan karena tidak ada angkutan khusus hingga hari ini," jelasnya.

Misriadi berharap, adanya ambulans laut untuk membantu perjalanan rujukan masyarakat menuju rumah sakit di Banda Aceh. Sehingga warga pulo tidak lagi mengeluarkan biaya besar jika hendak berobat. 

"Mudah-mudahan dengan ada ambulans laut nantinya operasional tidak perlu dibayar lagi oleh masyarakat. Kemudian juga soal kenyamanan dan keselamatan pasien," tukasnya. source

0 Komentar

close