Euro 2020: Belanda Maju ke 16 Besar Usai 'Hajar' Austria 2-0

Kali ini, Belanda tak terlihat membuang keunggulan dua golnya. Memphis Depay dan Denzel Dumfries mencetak gol di setiap babak saat Belanda dengan nyaman mengalahkan Austria 2-0 pada Kamis (Jumat NZT) untuk maju ke babak 16 besar di Kejuaraan Eropa.

PETER DEJONG/AP

Depay mengirim tendangan penalti rendah ke sudut pada menit ke-11 untuk gol ke-27 dalam 66 pertandingan internasional.

Dumfries kemudian mencetak gol keduanya di turnamen tersebut – menyusul kemenangannya di menit akhir melawan Ukraina – pada menit ke-67 setelah mendapat umpan dari rekan setimnya di PSV Eindhoven, Donyell Malen.

Belanda bermain di turnamen internasional besar untuk pertama kalinya dalam tujuh tahun dan lolos ke babak sistem gugur dengan satu pertandingan tersisa.

Austria, bermain tanpa penyerang Marko Arnautovi yang dilarang bermain di Johan Cruyff Arena, minim ancaman untuk menyamakan kedudukan melawan pertahanan Belanda yang tertata rapi yang dipimpin oleh Matthijs De Ligt sekembalinya dari cedera pangkal paha.

Austria melesakan tembakan jarak jauh oleh David Alaba di menit ke-82. Tim hanya berhasil melakukan satu tembakan tepat sasaran di sepanjang pertandingan.

Arnautovi diberi larangan satu pertandingan oleh UEFA karena menghina pemain Makedonia Utara di pertandingan pembuka Euro 2020. Insiden itu merusak kemenangan pertama Austria di turnamen besar dalam 31 tahun dan yang pertama di Kejuaraan Eropa.

Pada pertandingan grup lainnya, Kamis (Jumat NZT), Ukraina mengalahkan Makedonia Utara 2-1 di Bucharest. Kemenangan Belanda menyingkirkan Makedonia Utara.

Gol Dumfries – ia juga dilanggar karena penalti – sekali lagi membenarkan keputusan pelatih Belanda Frank de Boer untuk membuang taktik gaya lama Belanda yang terdiri dari empat pemain bertahan, tiga gelandang dan tiga penyerang, dan digantikan oleh tiga pemain bertahan, lima pemain tengah, dan dua pemain depan.

Dumfries adalah bek sayap yang bisa berlari ke sayap kanan dan menyebabkan masalah di area penalti lawan.

Belanda juga memimpin 2-0 dalam pertandingan pembukaan mereka pada hari Minggu (Senin NZT), tetapi Ukraina mencetak sepasang gol menyamakan skor. Dumfries mencetak gol kemenangan pada menit ke-85 pada hari itu.

Belanda akan memainkan pertandingan terakhir Grup C melawan Makedonia Utara pada Senin (Selasa NZT), di Amsterdam. Austria akan menghadapi Ukraina di Bukares. (*)

0 Komentar

close