Video Viral Demo Mahasiswa BEM SI Geruduk Gedung DPR 11 April 2022 Ternyata HOAX

Viral sebuah video yang diklaim memperlihatkan sejumlah mahasiswa berunjuk rasa hari ini, Senin 11 April 2022. Terlihat pada video mahasisa melakukan longmarch dan jalan protokol di Jakarta. 

Video lama viral di media sosial.

Video berdurasi 29 detik itu menyebar melalui pesan berantai dan media sosial. Terdengar suara wanita yang diduga merekam video tersebut.

Benarkah video tersebut memperlihatkan unjuk rasa mahasiswa hari ini, Senin 11 April 2022? Berikut cek faktanya.

Penelusuran:

Dari hasil penelusuran, klaim pada video yang beredar memperlihatkan unjuk rasa mahasiswa hari ini, Senin 11 April 2022, adalah salah. Faktanya, video lama yang sudah beredar sejak 2020.

Melalui reverse image, ditemukan video yang sama diunggah akun Twitter HUKUM MILIK PENGUASA (@HukumDan). Video itu diunggah pada Kamis, 8 Oktober 2020, bukan hari ini Senin, 11 April 2022.

Foto identik juga ditemukan pada artikel berjudul "Massa Mahasiswa dan Pelajar Padati Kawasan Pondok Indah" dimuat Tribunnews.com juga pada Kamis, 8 Oktober 2020. Pada artikel itu dijelaskan, massa mahasiswa dan pelajar melakukan aksi longmarch dari kawasan Pondok Indah, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan menuju Gedung DPR, Jakarta Pusat.

Mereka berjalan kaki, mengendarai kendaraan pribadi, maupun mobil pickup untuk mengikuti unjuk rasa menolak omnibus law Undang-Undang Cipta Kerja.

Sebelumnya seperti dilansir Medcom.id, aliansi mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) akan menggelar unjuk rasa pada hari ini. Demonstrasi digelar karena Presiden Joko Widodo dinilai tidak serius menolak wacana jabatan tiga periode.

Kesimpulan:

Klaim pada video yang beredar memperlihatkan unjuk rasa mahasiswa hari ini, Senin 11 April 2022, adalah salah. Faktanya, video lama yang sudah beredar sejak 2020.

Informasi ini jenis hoaks false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.

Referensi:

https://twitter.com/HukumDan/status/1314159754084642817

https://jakarta.tribunnews.com/2020/10/08/massa-mahasiswa-dan-pelajar-padati-kawasan-pondok-indah

https://m.medcom.id/nasional/peristiwa/ybDXJ0Ab-ada-demo-11-april-masyarakat-diimbau-hindari-kawasan-monas-dan-dpr?utm_source=desktop&utm_medium=headline&utm_campaign=WP

source

0 Komentar

close