17 Rumah Warga Terkena Banjir Rob di Meulaboh, Penghuninya Terpaksa Mengungsi

Banjir rob atau pasang air laut menerjang Desa Pasir dan Desa Ujong Kalak, Kecamatan Johan Pahlawan, Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat. Banjir terjadi sejak Minggu subuh (3/7/2022). 

Foto: Antara

"Akibat bencana alam itu, sejumlah warga terpaksa mengungsikan barang di rumah mereka ke tempat yang lebih aman," kata Kepala Desa (Keuchik) Gampong Pasir, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat, Romi Saputra, Minggu (3/7/2022).

Dari pantauan, tampak beberapa warga yang terdampak banjir rob itu memindahkan barang-barang dari dalam rumah. Mulai dari bantal, kasur, jemuran. Bahkan ada yang memindahkan mesin cuci. 

Romi menambahkan, untuk sementara hanya rumah masyarakat yang berada berdekatan dengan bibir pantai yang terendam pasang air laut.

"Ketinggian air yang merendam rumah masyarakat mencapai sekitar 30 sentimeter," katanya.

Dia melanjutkan, sejauh ini pihaknya telah melakukan pendataan terhadap rumah warga yang terdampak pasang air laut di daerah tersebut.

“Untuk saat ini baru sekitar 17 rumah warga yang terdata terkena banjir rob di desa kami,” kata dia.  

Romi sudah melaporkan bencana alam tersebut ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat dan pihak kecamatan.

"Semoga segera mendapatkan penanganan atau bantuan terhadap masyarakat yang terdampak," katanya. 

Guna mengantisipasi meluasnya rendaman banjir rob di pemukiman masyarakat, dirinya bersama warga masih melakukan gotong-royong guna membersihkan saluran utama parit di desa mereka. source

0 Komentar

close