Kebakaran di Aceh Tamiang Ludeskan Rumah dan 6 Ruang Puskesmas

Kebakaran terjadi di Aceh Tamiang. Kali ini, api membakar satu unit rumah dan sejumlah ruangan pasien di Puskesmas Bendahara.

Petugas damkar mencoba padamkan kobaran api kebakaran (Antara)

Kepala Pelaksana BPBD Aceh Tamiang Iman Suhery mengatakan, bangunan rumah yang terbakar berada di Dusun Amal, Desa Upah, Kecamatan Bendahara.

"Selain menghanguskan rumah warga api juga membakar sejumlah ruangan Puskesmas Bendahara," kata Iman, Rabu (13/7/2022).

Dia menambahkan, insiden kebakaran itu terjadi pada pukul 04.00 WIB saat pemilik rumah Arman Syahputra (28) sedang tertidur.

"Bangunan yang terbakar satu unit rumah dan enam ruangan Puskesmas," kata Bayu sapaan akrab Iman Suhery.

Dugaan sementara sumber api berasal dari korsleting listrik. Api pertama kali terlihat oleh Sugiyanti (44) yang merupakan kakak kandung korban.

Pada pagi dini hari itu anaknya Sundari (12) terbangun karena badannya terasa suhu panas. Kemudian si anak membangunkan ibunya Sugiyanti dan melihat kobaran api di atas loteng kamar depan.

"Lalu mereka keluar rumah menyelamatkan diri langsung berteriak minta tolong," kata Bayu.

Namun api begitu cepat menyambar bangunan disebelahnya yaitu gedung Puskesmas yang hanya berjarak beberapa meter saja dari titik kebakar awal.

"Sedikitnya ada enam ruangan Puskesmas Bendahara ikut terbakar terdiri dari Ruang Anak, Ruang Kartu, Ruang Apotek, Ruang Pelayanan, Gudang Obat dan Ruang Poli Gigi," kata Iman Suhery.

Saat kebakaran tengah berlangsung tetangga korban, Robin berinisiatif menghubungi petugas pemadam kebakaran (Damkar) BPBD Aceh Tamiang yang tinggal di desa setempat.

"Tidak lama kemudian kami kirim lagi armada Damkar dua unit dan dibantu dari PT Pertamina EP Rantau Field dua unit mobil tangki dan mobil Damkar. Api berhasil dijinakkan pada pukul 05.00 WIB," katanya.

Tidak ada korban jiwa maupun lika akibat insiden kebakaran tersebut. Namun kerugian materil ditaksir mencapai ratusan juta. source

0 Komentar

close