Banjir Rendam Sejumlah Gampong di Aceh Selatan, Ketinggian Air Mencapai 110 Cm

Hujan dengan intensitas tinggi sejak hari Minggu (30/10) menyebabkan sejumlah gampong yang berada di empat kecamatan, Kabupaten Aceh Selatan terendam banjir.

Sejumlah gampong yang terendam banjir yaitu Gampong Kapasesak Kecamatan Trumon Timur, Gampong Cot Bayu dan Lhok Raya Kecamatan Trumon Tengah, Gampong Beutong Kecamatan Kota Bahagia, dan Gampong Ujong Tanoh di Kecamatan Trumon.

Kepala Pelaksana BPBD Aceh Selatan melalui Petugas Pusdalops Agusriadi mengatakan ketinggian air di beberapa gampong dalam empat kecamatan itu diperkirakan mencapai 20 sampai 110 centimeter.

"Akibat hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi sejak 30 Oktober hingga 31 Oktober 2022 membuat air meluap," kata Agusriadi, Senin (31/10/2022).

Agus menjelaskan, pihaknya sedikit mengalami kesulitan dalam mendata korban terdampak karena terkendala medan yang sulit dijangkau. Terdapat beberapa lokasi susah diakses seperti Gampong Cot Bayu. 

"Kita sedikit kesulitan karena akses jalan yang terbatas, ditambah lagi kondisi air di wilayah tersebut masih terus naik," katanya. 

Namun saat ini, BPBD Aceh Selatan sudah menugaskan petugas pos damkar menuju ke lokasi banjir untuk mendata korban terdampak. 

"Mereka juga diharuskan terus melakukan koordinasi dengan perangkat gampong setempat," pungkasnya. (*)

0 Komentar

close