Eks Panglima GAM Jadi Perantara Gratifikasi ke Mantan Gubernur Aceh

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut eks Panglima GAM Izil Azhar menjadi perantara dalam mega proyek pelabuhan dermaga Sabang yang melibatkan Mantan Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf.

Wakil Ketua KPK Johanis Tanak menerangkan, Izil merupakan orang kepercayaan dari Irwandi Yusuf.

"Tersangka IA sebagai orang kepercayaannya untuk menjadi perantara penerima uang dari Heru Sulaksono dan Zainudin Hamid," ujarnya kepada wartawan di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Kamis (26/1/2023).

Johanis menyebut, kasus ini bermula dari proyek pembangunan dermaga pada periode 2007-2012. Dalam perjalanannya, Irwandi diduga menerima gratifikasi dari Heru Sulaksono dan Zainudin Hamid.

Menurutnya, penyerahan uang kepada Irwandi melalui Izil Azhar diterima dalam tiga tahap. Total, Izil Azhar menyerahkan uang hasil gratifikasi kepada Irwandi Yusuf senilai Rp 32 miliar.

"Penyerahan uang melalui tersangka IA dilakukan secara bertahap dari tahun 2008 sampai dengan 2011 dengan nominal bervariasi mulai dari Rp 10 juta sampai dengan Rp 3 miliar hingga total berjumlah Rp 32,4 miliar," terangnya.

Atas perbuatannya, Izil Azhar dijerat dengan Pasal 12B UU Nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Juncto Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP. Izil Azhar ditahan selama 20 hari ke depan di Rutan KPK. source

1 Komentar

close