Kekuatan Kerajaan Buton, Bikin Wilayahnya Tak Pernah Dijajah oleh Belanda di Masa Kolonial

ACEHSERAMBI.COM - Indonesia sangat dikenal sebagai sebuah negara yang dahulunya dijajah oleh banyak bangsa. Namun, bangsa Belanda adalah bangsa yang paling terkenal menjajah Nusantara pada saat dulu hingga sekarang lantaran telah lama memijakkan kakinya di Tanah Air.

Ilustrasi orang-orang Kerajaan Buton. (Twitter/@potret_lawas)

Seluruh wilayah tentu menjadi jajahan tentara Belanda yang sudah menginjakkan kaki di Nusantara. Beragam kerja paksa dan juga hal-hal yang menguntungkan dilakukan oleh Belanda di berbagai daerah di Indonesia pada saat itu.

Namun, rupanya terdapat satu wilayah yang tidak pernah dijajah oleh bangsa Belanda pada masa kolonialisme. Wilayah tersebut bernama Kerajaan Buton, yang terletak di Sulawesi Tenggara.

Dikutip dari penjelasan akun TikTok @imban_ , Kerajaan Buton memiliki benteng terluas di dunia yang diduga menjadi perlindungan bagi kesultanan ini saat masa penjajahan Belanda.

Selain itu, Kerajaan Buton juga memiliki kekuatan yang tak tertandingi. Dengan wilayahnya yang sangat strategis, Kerajaan Buton pun menjadi kerajaan yang sulit ditaklukkan oleh pasukan Belanda pada saat itu.

Bahkan, rakyat Indonesia yang dikenal mengalami kerja paksa tidka berlaku di Kerajaan Buton. Masyarakat Buton dilindungi oleh pasukan kerajaan dengan membekali ilmu bela diri dan juga berperang dari wajib militer sang raja.

Sekedar informasi, Kerajaan Buton telah berdiri sejak tahun 1200-an, dimana hal ini berjarak sekitar 400 tahun dari sejarah yang tercatat akan kedatangan Belanda ke Indonesia pada tahun 1600-an.

Hal ini tentunya menjadikan kerajaan tersebut telah memiliki bekal untuk menghadapi serangan musuh yang datang ke wilayah mereka. Terlebih saat kedatangan Belanda pertama kali di tanah Banten, menjadi dugaan wilayah ini masih sulit dijangkau oleh pasukan Belanda. source

0 Komentar