KKB Bakar Gedung Sekolah dan Puskesmas di Ilaga Papua

Kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kabupaten Puncak, Papua, pada hari Minggu, 2 Mei 2021, melakukan aksi membakar gedung SD, puskesmas, rumah guru, serta merusak fasilitas jalan di Kampung Mayuberi, Distrik Ilaga Utara.

Baca Juga: Viral Sepasang Kekasih 'Indehoi' di Kuburan saat Puasa, Diciduk pas Tak Pakai Celana

Keterangan dari Polda Papua yang diterima, Selasa (4/5/2021), kejadian itu baru diketahui setelah Kepala Distrik Ilaga Utara bernama Joni Elatotagam mendatangi Polres Puncak pada Senin, 3 Mei 2021 untuk melaporkan kejadian itu.

Baca Juga: Viral Pengurus Masjid Bentak dan Larang Laki-laki Ini Shalat Pakai Masker

Dari laporan itu, fasilitas yang dibakar antara lain gedung SD Inpres Mayuberi, rumah dinas guru, serta gedung puskesmas lama yang dijadikan warga setempat sebagai kios sementara.

KKB juga diduga melakukan perusakan fasilitas jalan di tiga titik, yakni di jalan Kimak, jalan Tagaloa dan jalan Wuloni (pintu angin). Perusakan fasilitas jalan itu dilakukan dengan cara menggali ruas jalan kedalaman 25 sampai 40 cm.

Baca Juga: TNI AL Tolak Bantuan 1,2 M untuk Beli Kapal Selam, Ini Alasannya

Informasi yang diperoleh dari warga setempat, disaat aksi pembakaran dan perusakan terlihat banyak simpatisan KKB yang ikut membantu. Mereka dibagi menjadi beberapa kelompok terlibat membantu aksi perusakan dan pembakaran.

"Saat kelompok pertama melakukan pembakaran puskesmas dan dilanjutkan membakar SD Mayuberi, kelompok lain bertugas merusak tiga titik jalan, jalan Mayuberi, jalan Kimak, jalan Wuloni," kata Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ahmd Musthofa Kamal dalam keterangannya.

Baca Juga: KKB Papua Tantang dan Siap Ladeni Pasukan Setan TNI di Hutan Nduga Papua

"Dan kelompok yang bersenjata berada di pinggir jalan mengamankan simpatisan yang bekerja merusak fasilitas umum tersebut," sambungnya. source

0 Komentar

close