Pelaku Bom Bunuh Diri di Makassar Mantan Intel Polisi, Cek Faktanya

Beredar informasi mantan intel polisi menjadi pelaku bom bunuh diri di Makassar. Informasi itu juga mencantumkan artikel kompas.com dengan narasi "ARGO YUWONO : Salah satu pelaku Bom Gereja Katedral Makassar, adalah eks anggota intel yang telah dipecat".

Baca Juga: Seorang Ibu Tega Jual Anak Perempuanya ke Lelaki Hidung Belang, Sekali Kencan Rp300.000

Menurut penelusuran di internet, informasi tersebut adalah hoaks. Dalam artikel di media online merdeka.com berjudul "Bomber di Gereja Katedral Makassar Anggota JAD, Pernah Beraksi di Filipina" pada 29 Maret 2021, dijelaskan bahwa pelaku merupakan anggota JAD.

Baca Juga: Update Korban Banjir Bandang Flores Timur: 68 Orang Meninggal Dunia

Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut, pelaku bom bunuh diri di Gereja Katedral Kota Makassar, Sulawesi Selatan, merupakan jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD).

"Sudah kita dapatkan inisial L, (pelaku). Bersangkutan merupakan kelompok dari beberapa pelaku yang beberapa waktu lalu telah kita amankan," kata Listyo Sigit di Makassar, Minggu (28/3). Dikutip dari Antara.

Baca Juga: Viral Pendeta Ini Bisa Sembuhkan Penyakit dengan Cara Kentut di Wajah Orang Sakit

Dia mengatakan, pelaku diketahui tergabung dalam kelompok JAD, dan pernah melaksanakan kegiatan operasi terorisme di Jolo, Filipina tahun 2018.

"Untuk inisial pelaku sudah kita dapatkan, dan kita tindaklanjuti untuk melaksanakan pemeriksaan terkait dengan DNA yang bersangkutan, agar bisa pertanggungjawabkan secara ilmiah," tegasnya.

Baca Juga: Viral Seorang Perempuan Dikeroyok Sekelompok Orang

Sedangkan untuk terduga pelaku bom bunuh diri tersebut, sebut Kapolri, sebanyak dua orang sudah meninggal dunia, dan 19 orang jemaat serta petugas keamanan atau Satpam mengalai luka. Namun demikian, Sigit belum membuka inisial salah satu pelakunya.

Kapolri mengungkapkan, pelaku tersebut merupakan salah seorang bagian dari kelompok JAD yang beberapa waktu lalu ditangkap di Makassar, Sulsel pada kompleks Villa Mutiara, Sudiang dan Kabupaten Enrekang pada Januari 2021.

Baca Juga: Curiga Diselingkuhi, Wanita Ini Tega Potong Alat Vital Pacarnya, Lalu Dibuang di Toilet

"Mereka adalah kelompok beberapa waktu yang lalu (ditangkap), ada kurang lebih 20 orang, dari kelompok JAD yang kita amankan. Mereka bagian dari itu. Inisial dan data-datanya sudah kita pastikan sesuai," beber orang nomor satu Polri ini.

Kesimpulan

Informasi mantan intelijen polisi menjadi pelaku bom bunuh diri di Makassar adalah hoaks. Pelaku adalah anggota JAD, dan bukan mantan inten polisi.

Baca Juga: Viral Todong Pistol, Pengemudi Fortuner Ini Tantang Warga: Sini Pukul Saya!

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. source

0 Komentar

close